Daging Potong

Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Daging tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang melekat padanya, urat, serta tulang rawan.( source wikipedia). Daging sendiri terdiri dari beragam jenis hewan ternak ( sapi –kambing – domba – ayam ) sampai ke ragam jenis bagiannya dan  potongannya  serta teknik potong dan olahannya( potong , iris- giling )

Jenis daging berdasarkan variasi harga.

Primary cut, secondary cut type A-B, manufacturing meat, fancy and variety meat, serta edible offal. Jenis secondary cut type A-B adalah yang pa‎ling banyak dikonsumsi di Indonesia

  1. Primary cut ( kualitas bagus ) daging yang paling mahal harganya : Daging yang teksturnya lebih lunak dan tidak terlalu berlemak, biasanya terdapat pada bagian has dalam, has luar, dan lamusir.
  2. secondary cut type A-B , bagian daging yang harganya terjangkau seperti samcan, tanjung, sengkel, gandik, sampil, dan pendasar. Jenis ini paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia untuk masakan rendang, semur, dendeng, sandung lamur, rawon, dan abon sapi.
  3. manufacturing meatatau daging industri‎ yaitu tetelan 65-95 CL, daging dadu, dan daging giling
  4. fancy and variety meat (daging variasi) seperti lidah, bibir, buntut, dan daging kepala
  5. edible offalatau jeroan seperti hati, usus, limpa, paru, otak, jantung, dan babat .  Bagian daging yang paling murah.

Jenis Daging berdasarkan posisi daging HQ – FQ – FH

  1. Hind Quarter (HQ atau paha belakang) Daging Hind Quarter adalah daging yang berasal dari paha belakang, dan terdiri dari beberapa potongan tertentu dan trimmingnya.
  1. Fore Quarter (FQ atau paha depan) Daging Fore quarter adalah daging yang berasal dari paha depan, dan terdiri dari beberapa potongan utama tertentu dan trimmingnya (chuck, neck dan blade). 
  1. Fore Hind (FH) adalah gabungan keduanya antara Hind Quarter dan Fore Quarter

Jenis Daging Olahan : Daging CL, Daging Slice/ Iris dan Daging  Giling

  1. Definisi CL (Chemical Lean)  adalah paket kemasan pabrikan atau olahan (bullpack) antara daging dan lemak dan menggunakan keterangan persentase dalam pembagian daging dan lemaknya. Daginghasil olahan dan bukan daging sapi murni karena merupakan mix (campuran)  kandungan fet (lemak) yang ada dalam daging dengan daging,   ( contoh : 85CL berarti kandungan lemaknya 15% daging murninya hanya 85%.)
  2. Daging Slice / Iris adalah daging sapi yang mengalami pengolahan dengan cara menggunakan Meat slicer / mesin pengiris daging. Daging dipotong tipis, melintang, pipih, dan cenderung lebar. ( beef slice fatty, beef slice less fat, beef slice non fat ).Lebih lengkap tentang Daging Slice / Iris baca tautan ini daging slice / iris dando. 
  3. Daging Giling atau disebut juga daging cincang ( ground meat )adalah daging yang dipotong oleh sebuah alat penggiling daging atau pisau potong.

DAGING SAPI - KAMBING/DOMBA - AYAM

Dando ( Daging Indonesia ) menyediakan / menjual Daging dan daging daging potong lainnya dari daging sapi , daging bertulang ,daging proses , daging kambing/ domba, daging ayam, antara lain :