Daging Rendang

Daging Rendang adalah Daging pilihan yang khusus untuk dibuat makanan siap saji Rendang.

Daging rendang umumnya menggunakan daging sapi dan juga pada daging sapi terdiri dari beberapa jenis posisi yang dapat digunakan untuk diolah dimasak menjadi rendang . Pada beberapa daerah, penggunaan posisi daging sapi ini berbeda-beda juga tergantung dari cara pengolahannya.

Jenis daging yang digunakan untuk daging rendang adalah jenis  secondary cut type A-B. Jenis ini paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia . Umumnya bisa dibeli di supermarket dan beberapa pasar tradisional dengan harga terjangkau kisaran Rp 95 ribu hingga Rp 120 ribu per kilogram. 

Dando ( Daging Indonesia ) menyediakan / menjual daging potong untuk Daging Rendang  dan daging daging lainnya termasuk Daging Rendang siap saji.

DAGING RENDANG

Terdapat beberapa pilihan daging rendang pada tiap bagian daging sapi, berikut ini adalah nama nama bagian dan posisi letak dagingnya :

a.Topside / Round / Penutup

Bagian daging sapi yang terletak di bagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area bokong sapi. Potongan daging sapi di bagian ini sangat tipis dan kurang lebih sangat liat. Selain itu bagian ini sangat kurang lemak sehingga jika dibakar atau dipanggang akan sangat lama melunakannya. Cocok untuk Rendang

b. Rump / Tanjung

Bagian daging sapi yang berasal dari bagian punggung belakang. Biasanya daging ini disajikan dengan dipanggang. Cocok untuk Rendang.

c.Silver Side / Gandik / Pendasar

Bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dengan menyamakannya dengan Daging Paha Depan atau Shank. Cocok untuk Rendang.

d. Inside / Knuckle / Kelapa

Kelapa atau yang lebih dikenal dengan nama inside / knuckle adalah bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Biasanya hidangan yang menggunakan daging ini adalah panggangan dan casserole. Cocok untuk Rendang .

e. Chuck / Paha Depan

Bagian daging sapi yang berasal dari bagian atas paha depan. Ciri daging ini adalah berbentuk potongan segiempat dengan ketebalan sekitar 2-3 cm, dengan bagian dari tulang pundak masih menempel ke bagian paha sampai ke bagian terluar dari punuk.

e. Cube Roll / Lamusir

Bagian daging sapi yang berasal dari bagian belakang sapi sekitar has dalam, has luar dan tanjung. Potongan daging ini diambil dari bagian punggung, dipotong dari rusuk keempat sampai rusuk keduabelas. Lamusir termasuk daging yang lunak karena didalamnya terdapat butir-butir lemak. Daging lamusir dapat dipanggang dalam oven, dibakar atau di grill.

f. Tenderloin ( Has Dalam)

Bagian daging yang diambil merupakan bagian dalam ke belakang badan sapi yang dekat dengan ekor. Nah, tenderloin mempunyai tekstur yang lembut  setelah diolah, sesuai dengan namanya “tender”. Selain lembut, tenderloin mempunyai kadar lemak yang rendah jika dibandingkan dengan sirloin. Cocok Untuk Rendang