Dendeng Sambal Lado

 

Dendeng Sambal Lado adalah masakan khas Sumatra Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering, setelahnya diberi sambal lado merah.

Jenis Daging yang digunakan untuk Dendeng bisa dari berbagai  bagian daging Sapi antara lain Topside , Rump, SIlverside,  Knuckle ; penggunaan daging ini yang membedakan adalah harga dan kualitas dagingnya.

a. Topside / Round / Penutup

Bagian daging sapi yang terletak di bagian paha belakang sapi dan sudah mendekati area bokong sapi. Potongan daging sapi di bagian ini sangat tipis dan kurang lebih sangat liat. Selain itu bagian ini sangat kurang lemak sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya empuk.

Penggunaan : bistik, empal, rendang, dendeng, baso, abon.

b. Rump / Tanjung

Salah satu bagian daging sapi yang berasal dari bagian punggung belakang. Biasanya daging ini disajikan dengan dipanggang.

Penggunaan : bistik, empal, rendang, dendeng, baso, abon.

c. Silver Side / Gandik / Pendasar

Bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Banyak yang sering tertukar dengan menyamakannya dengan Daging Paha Depan atau Shank. Biasanya daging ini digunakan untuk membuat dendeng balado atau abon sapi.

Penggunaan : bistik, rendang, empal, dendeng, baso, abon.

d. Inside / Knuckle / Kelapa

Kelapa atau yang lebih dikenal dengan nama inside / knuckle adalah bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas yang berada di antara penutup dan gandik. Biasanya hidangan yang menggunakan daging ini adalah panggangan dan casserole. .

Penggunaan :  dendeng, corned, sate, daging giling, sop, rawon.

Dando ( Daging Indonesia ) menyediakan / menjual Dendeng siap saji dalam 2 varian :

  1. Dendeng Sambal Lado
  2. Dendeng Lado Hijau