Soto Betawi

Soto Betawi merupakan soto yang populer di daerah Jakarta. Seperti halnya soto soto lain khususnya Soto Madura dan soto sulung, soto betawi juga menggunakan jeroan. Selain jeroan, sering kali organ-organ lain juga disertakan, seperti mata, terpedo, dan juga hati. Daging sapi juga menjadi bahan campuran dalam soto Betawi. Kuah soto Betawi merupakan campuran santan dan susu. Kedua campuran inilah yang membuat rasa soto Betawi begitu khas. ( source wikipedia )

Jenis Daging yang digunakan untuk Soto Betawi adalah gabungan antara daging bagian sengkel  dan paru / hati  dan juga menggunakan varian jeroan  lainnya ( babat-usus-otak-lips)  :

  1. Shank / Shin / Sengkel

Sengkel berasal dari bahasa Belanda, schenkel, berasal dari bagian depan atas kaki sapi. Biasanya digunakan sebagai bahan dasar soup, soto, dan bakso urat.

Penggunaan : semur, soup,soto, rawon, empal

  1. Flank / Plate / Samcan

Bagian daging sapi yang berasal dari otot perut. Bentuknya panjang dan datar, tapi kurang lunak. Pada dasarnya bagian daging sapi ini memang lebih keras dibandingkan dengan has dan daging iga. Samcan yang diiris tipis-tipis seringkali dijual sebagai daging oseng-oseng. Untuk membantu melunakkan potongan daging ini bisa dengan dipukul-pukul sebelum dimasak.

Penggunaan : corned, sate, daging giling, sop, soto, rawon.

  1. Paru dan Hati

Paru  merupakan bagian daging sapi jenis jenis edible offal  atau jeroan. Paru memilik tekstur kenyal yang unik dan citarasa gurih.

Hati sapi adalah bagian tubuh sapi yang berasal dari hati sapi dan merupakan bagian jenis edible offal atau jeroan . merupakan organ yang cukup populer dikonsumsi Hati mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Tak cuma kaya akan zat besi, hati sapi mengandung jauh lebih banyak vitamin B-12 dan vitamin A. 

Dando  ( Daging Indonesia ) siap melayani pembelian daging olahan siap saji Soto Betawi kepada customer baik itu residensial , catering maupun korporat dengan harga terbaik.

Selain Soto Betawi , Dando juga  menyediakan / menjual Soto Padang.